Find us on Google Plus

LightBlog

Breaking

LightBlog

Sunday, August 9, 2015

Media Twisted Pair

1. Twisted Pair
Kabel twisted pair adalah dua kabel yang diputar enam kali per-inchi untuk memberikan perlindungan terhadap interferensi listrik ditambah dengan impedensi, atau tahanan listrik yang konsisten.
·         Kabel UTP
Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) merupakan salah satu media transmisi yang digunakan untuk membuat sebuah jaringan yang berbasis lokal atau biasa disebut LAN (Local Area Network). Sesuai namanya, Unshielded Twisted Pair berarti kabel pasangan yang berpilin atau terbelit tanpa pelindung. Kabel UTP terhubung ke perangkat melalui konektor modular 8 pin yang disebut konektor RJ-45. Semua protokol LAN dapat beroperasi melalui kabel UTP.
·         Kabel STP
Kabel STP (Shielded Twisted Pair) adalah kabel yang mirip dengan kabel UTP, hanya saja memiliki pelindung (Shield) di setiap pasangan pilinan kabel berupa kertas alumunium foil. Kabel UTP mempunyai selubung lagi yang menyelubungi ke 4 lilitan kabel di dalamnya. Fungsi lilitan dan kulit penyelubung ini adalah sebagai eleminasi terhadap induksi dan kebocoran dengan intensitas yang lebih tinggi.

Karakteristik Kabel Jaringan Twisted Pair





Karakteristik kabel ini menggunakan beberapa kawat tembaga yang saling dibelit dengan pasanganya, dan setiap kawat tembaganya dilapisi oleh isolator yang memiliki masing-masing warna.

Dari gammbar diatas dapat dilihat jika kabel jaringan ini terdiri dari :

1.             Conductor, Merupakan kawat tembaga yang terletak di tengah-tengah dan mempunyai fungsi sebagai media konduktor listrik, ini alasannya disebut Conductor.
2.             Insulator, Tiap kawat tembaganya dilapisi oleh insulator yang memiliki warna yang berbeda, fungsi lapisan ini untuk melindungi kawat tembaga agar tidak bersentuhan langsung dengan kawat tembaga lainnya yang telah dibelit.
3.             Cable Jacket atau Kulit Kabel, Di bagian paling luar kabel Twisted Pair terdapat cable jacket yang berfungsi sebagai pelindung kabel Twisted Pair.

No comments:

Post a Comment

Adbox