Blogger templates

Model Referensi OSI dan tcp/ip


·        OPEN SYSTEM INTERCONNECTION (OSI) 
Model referensi dalam komunikasi data yaitu standarisasi antar vendor komputer untuk berkomunikasi. Pada model referensi OSI (Open System Interconnection), komunikasi data jaringan dibagi menjadi 7 layer yang bekerja dalam sebuah pengiriman maupun penerimaan data. Sedangkan dalam model referensi TCP/IP, komunikasi tersebut dibagi menjadi 7 layer. Masing-masing layer bertanggung-jawab secara khusus pada proses komunikasi data.

1.     Application
2.     Percentation
3.     Session
4.     Transport
5.     Network
6.     Data link
7.     Physical

Model referensi OSI dibagi dalam dua kelompok yaitu upper layer dan lower layer. Upper layer fokus pada aplikasi pengguna dan bagaimana fiile direpresentasikan di komputer. Sedangkan lower layer adalah intisari komunikasi data melalui jaringan aktual. Untuk network engineer, bagian utama yang menjadi perhatiannya adalah lower layer, sedangkan untuk network analyst, tentu akan bergelut dalam upper layer, namun tetap tidak menghiraukan lower layer. 

Ø UPPER LAYER

1.     Application
2.     Percentation
3.     Session
4.     Transport


Ø LOWER LAYER

1.     Network
2.     Datalink
3.     Physical

Tujuan utama penggunaan model OSI adalah untuk membantu designer jaringan memahami fungsi dari tiap-tiap layer yang berhubungan dengan aliran komunikasi data. Termasuk jenis-jenis protocol jaringan dan metode transmisi. Model ini dibagi menjadi 7 layer dengan karakteristik dan fungsinya masing-masing.




Model Referensi OSI dan tcp/ip Model Referensi OSI dan tcp/ip Reviewed by Reynaldi Rahman on August 06, 2015 Rating: 5
Powered by Blogger.