Find us on Google Plus

LightBlog

Breaking

LightBlog

Sunday, August 9, 2015

Konsentator

Pengertian Konsentator

Konsentrator adalah sebuah perangkat untuk menyatukan kabel-kabel network dari tiap Workstation, Server, dan perangkat satu dengan yang lainnya. Konsentrator mempunyai banyak slot yang dapat dipasang sesuai nomer dari card yang dituju.

Kriteria Konsentrator :
  1. Terdiri dari 8, 12, dan 24 Port RJ-45
  2. Digunakan pada Topologi Bintang (Star)
  3. Dipasang pada suatu rak khusus yang di dalamnya terdapat Bridge dan Router.
  4. Biasannya dijual dengan aplikasi yang mengatur manajement port tersebut.
Bridge 

Bridge adalah perangkat perantara yang menghubungkan jaringan dengan protokol lapisan fisik yang berbeda. Bridge mempunyai sifat tidak mengubah isi ataupun bentuk frame yang diterimannya, serta memiliki buffer yang cukup untuk menghadapi ketidak sesuaian kecepatan pengiriman dan penerimaan data.

Jenis-Jenis Bridge :
  1. Bridge Sederhana, mempunyai fungsi menyebarkan data yang dikirimkan oleh suatu simpul jaringan ke simpul yang lain ke semua jaringan dan membaca semua paket data yang datang dari suatu jaringan dan menyebarkan ke simpul jaringan yang lain.
  2. Bridge Belajar, Bridge yang dapat memilih paket mana yang ditujukan pada segmen lain jaringan, dan meneruskan paket tersebut pada jaringan yang sesuai, Fungsi Bridge ini adalah membaca semua paket data yang datang dari suatu jaringan, memilih dan menerima data tersebut untuk kemudian diteruskan kepada jaringan lain yang terhubung pada Bridge sebagai tujuannya.
Pengertian Router

Router merupakan perangkat yang mencari jalan handal pada situasi interkoneksi yang kompleks, Router digunakan untuk menghubungkan dua jaringan protokol. Router dapat mengetahui setiap alamat disetiap sisi jaringan, alamat komputer, Bridge, dan Router lainnya.

Jika suatu instansi mempunyai LAN dan ingin mengkoneksikannya ke internet, maka mereka harus mempunyai Router karena mempunyai fungsi untuk menerjemahkan informasi diantara LAN dengan Internet.

No comments:

Post a Comment

Adbox